Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Empat Lawang Gelar Bimtek Saksi Peserta Pemilu 2024

Foto bersama Narasumber dan Peserta Bimtek

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Empat Lawang Ahmad Fatria Arsasi membuka secara langsung Bimbingan Teknis Saksi Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Empat Lawang, di Hotel Zulian Transit Tebing Tinggi, Rabu (07/02).

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah saksi partai politik dan Panwascam Se-Kabupaten Empat Lawang. Bimtek saksi peserta pemilu merupakan bagian dari tanggung jawab Bawaslu, meskipun peserta pemilu juga memiliki metode pelatihan sendiri bagi saksi.

Ahmad Fatria mengemukakan, tugas saksi parpol punya sisi kesamaan dengan Bawaslu yakni mengawasi proses pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu Serentak 2024.

"Bedanya hanya mereka mewakili partai politik agar pemilu berjalan fair dan adil. Jadi semacam mitra pengawasan juga," bebernya.

Ahmad Fatria menambahkan bahwa pada hari pemungutan dan penghitungan suara nanti Saksi Partai Politik dapat bersinergi dan dengan PTPS dalam mengawasi jalannya pemilu serta dapat lebih kolaboratif dengan petugas KPPS saat menjalankan tugasnya secara bersama-sama.

"Agar terciptanya pemilu yang kondusif, diharapkan pihak penyelenggara, pengawas dan saksi parpol agar selalu besinergi dan berkolaborasi saat menjalankan tugasnya secara bersamaan." Tutup Ahmad Fatria.

Hadir pula pada acara tersebut Ketua KPU Empat Lawang, Eskan Budiman, S.Pd dan Kepala Badan Kesbangpol Empat Lawang, Sopian, S.IP yang sama-sama sebagai Narasumber.