Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Empat Lawang Gelar Bimtek Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa

Bimtek PPPS

Empat Lawang - Dalam rangka membangun keseragaman dan meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia jajaran pengawas dalam menghadapi potensi sengketa proses dan penanganan pelanggaran pemilihan tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Empat Lawang menggelar Bimbingan Teknis (bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparatur Terkait Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Famvida Lubuk Linggau, dari 22 hingga 24 Agustus 2024.

Bimtek ini dibuka secara resmi oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Empat Lawang, Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (PPPS), Ahmad Fatria Arsasi. Ia berharap dengan adanya bimtek ini para peserta khusunya para Panwascam se-Empat Lawang dapat dapat mengetahui dan memahami tugasnya dalam penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa Pilkada 2024.

“Untuk lebih memahami lagi tugas-tugas pengawasan ini, saya menekankan bagi rekan-rekan Panwascam agar selalu berpedoman dengan Perbawaslu Nomor 8 dan nomor 2 Tahun 2020 tentang penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa,” Kata orang yang sering disapa Yudi ini.

Sambutan

Selain itu, Ahmad Fatria juga menegaskan bahwa bimtek ini penting untuk diikuti dengan serius, mengingat potensi pelanggaran dan sengketa bisa saja terjadi pada proses pemilihan nanti. Ia juga berpesan kepada jajran panwascam untuk dapat lebih memahami dan memperlajari tentang klasifikasi dan pengisian Form Pengawasan.

“Sebagai jajaran pengawas pemilu, kegiatan ini menjadi penting terutama bagi para panwascam, karena potensi pelanggaran maupun sengketa bisa saja terjadi. Ikutilah secara maksimal kegiatan ini dan perhatikan materi-materi yang disampaikan oleh para narasumber nanti, serta jangan lupa untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengisian Form Pengawasan.” tutupnya.

Sementara itu, dalam bimtek ini Bawaslu Empat Lawang menghadirkan 2 Narasumber yaitu dari tim Pemerikasa Daerah DKPP, Elia Susilawati, M.Pd dan Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Empat Lawang Periode 2021-2023, Rodi Hartono, S.Sos. Hadir pula perwakilan dari KPU Empat Lawang, Kesbangpol Empat Lawang serta Polres Empat Lawang.

*[Humas Bawaslu Empat Lawang]