Lompat ke isi utama

Berita

Gandeng Pemilu Pemula, Bawaslu Empat Lawang Siap Hadapi Pemilu 2024

Gandeng Pemilu Pemula, Bawaslu Empat Lawang Siap Hadapi Pemilu 2024

IMG-20231013-WA0015.[1]

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Empat Lawang terus berupaya dalam mewujudkan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang sukses di tahun 2024 mendatang. Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan Pengawasan Pemilu Partisipatif terhadap pemilih pemula tingakat SMA sederajat di lingkungan Kecamatan Tebing Tinggi, Kamis (12/10).

 

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Empat Lawang, Rodi Karnain dan mengajak siswa-siswi SMA sederajat yang menjadi pemilih pemula pada pemilu 2024 yang akan datang untuk bersama-sama ikut andil dan mengawasi jalannya pemilu tersebut.

 IMG-20231013-WA0014.[1]

"Adik-adik siswa SMA yang menjadi pemilih pemula ini kami harapkan dapat bersama-sama dengan kami mengawasi jalannya pemilu medatang. Adik-adik sekalian harus melek demokrasi karena suara adik-adik dapat menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin masa depan kita." kata Rodi.

 

Sementara itu, ditempat yang sama Anggota Bawaslu Kabupaten Empat Lawang, Ahmad Fatria Arsasi mengatakan bahwa pemilih pemula ini merupakan aset berharga bagi bangsa kita. Oleh karena itu sedini mungkin mereka harus diajarkan cara berdemokrasi yang sehat, berani bersikap tegas dan harus teliti dalam memerangi berita hoax.

 

"Adik-adik calon pemilih pemula ini masih sangat bagus dan bersih, belum terkontaminasi dengan kecurangan-kecurangan pemilu, kami harapkan dengan adanya kegiatan ini adik-adik dapat lebih paham tentang berdemokrasi dan dapat mengurangi angka golput. Kami juga meminta kepada adik-adik apabila menemukan kecurangan pemilu, agar dapat melaporkan kepada pengawas pemilu disetiap tingkatan. Serta harus lebih bijak dalam menyikapi berita yang ada, jangan sampai manjadi penyebar berita hoax." Ujar Ahmad Fatria.

 IMG-20231013-WA0010.[1]

Dalam kegiatan tersebut, bawaslu Kabupaten Empat Lawang mengundan para narasumber untuk memberikan materi dalam upaya peningkatan partisipatif terhadap pemilih pemula tingkat SMA sederajat untuk pemilu 2024. Diantaranya adalah tentang bagaimana cara dan syarat menjadi pemilih, bagaimana cara menyalurkan hak pilih, penjelasan tentang pelanggaran dan kecurangan pemilu, bagaimana menyikapi jika menghadapi pelanggaran tersebut dan sebagainya.

 

Hadir pula dalam acara tersebut, Anggota Bawaslu Kabupaten Empat Lawang, Hengki Gunawan SE, Koordinator Sekretarian Kabupaten Empat Lawang, Gusmedi Sabraudin S.Pt M.Pd, Sebagai Narasumber Ketua KPU Kabupaten Empat Lawang, Eskan Budiman S.Pd dan Perwakilan dari Kesbangpol Kabupaten Empat Lawang, Fero Ananta S.Gz M.Gizi.

IMG-20231013-WA0013.[1]