Lompat ke isi utama

Berita

Segera Memasuki Tahapan Pencalonan, Bawaslu Kabupaten Empat Lawang Gelar Rapat Koordinasi Dengan Stakeholder Terkait

Rakor

Empat Lawang - Dalam upaya menciptakan Pemilihan yang damai dan berintegritas, Bawaslu Kabupaten Empat Lawang gelar rapat koordinasi stakeholder pengawasan tahapan pencalonan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Empat Lawang pada Pemilihan Tahun 2024. Rakor ini dilaksanakan dari tanggal 23 sampai 25 Agustus 2024 di Hotel Dewinda, Lubuk Linggau.

Rakor ini dibuka langsung oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Empat Lawang, Ahmad Fatria Arsasi, S.Pd yang dalam sambutannya mengatakan bahwa pentingnya rakor ini untuk menyamakan persepsi dalam penerjemahan norma hukum antara KPU, Bawaslu, partai politik serta stakeholder lainnya mengingat tahapan pencalonan akan segera dimulai pada tanggal 27 hingga 29 Agustus 2024 mendatang.

“Tahapan pencalonan ini sangat rentan terhadap potensi sengketa, terutama ketika peserta pemilu tidak ditetapkan sebagai calon oleh KPU. Untuk itu, kami sebagai Pengawas Pemilu bersama KPU, Forkopimda, Partai Politik dan stakeholder lainnya harus memiliki kesamaan persepsi dalam memahami syarat pencalonan dan syarat calon”. kata Ahmad Fatria.

Ahmad Fatria menambahkan rapat koordinasi ini bertujuan untuk meminimalkan potensi pelanggaran dan sengketa selama tahapan pencalonan serta diharapkan prosesnya berjalan dengan lancar dan sesuai regulasi. “dengan adanya persamaan persepsi ini dan diiringi dengan koordinasi antara peserta pemilu dan KPU berjalan dengan baik, potensi pelanggaran dapat kita minimalisir sebaik mungkin, serta diharapkan khusunya di Kabupaten Empat Lawang Pemilihan tahun 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar.” tutupnya.

Foto

Bawaslu Kabupaten Empat Lawang menghadirkan 3 Narasumber yaitu, Ketua KPU Empat Lawang, Eskan Budiman, S.Pd, Kasat Intelkam Polres Empat Lawang, AKP Gunawan, Anggota Bawaslu Kabupaten Empat Lawang Periode 2018-2023, Martin, SE.MM. Selain itu rakor ini juga dikuti oleh Unsur Forkopimda, beberapa OPD dilingkungan Pemkab Empat Lawang, Camat, Ketua Forum Kades, Panwascam, Partai Politik dan tokoh masyarakat.

*[Humas Bawaslu Empat Lawang]